Selasa, 23 Juli 2013

Biaya Relevan (Relevant Cost)

Pengetian biaya relevan
Biaya relevan adalah biay masa memdatang dlam berbagai alternatif untuk mengambil kepoutusan manajemen. Biaya relevan seriring disebut biaya deferensiasial yaitu biaya yang berbeda –beda  akibat adanya tingkat priduksi yang berbeda yang mengakibatkan perbedaan biaya tetap. Kedua jenis biaya hakikatnya sama, yakni berbagai alternatif  biaya yang disebabkan olelh tingkat produksi.
Biaya relevan merupakan hasil pengolahan data historis oleh akuntan intern, oleh ahli yang lainnya. Ia disebut relevan karena berhubungan  erat dengan penaaagambilan keputusan manajemen. Ia merupakan biaya masa datang karena digunakan untuk menyusun anggaran, perencanaan laba, dan pengendalian kegiatan yang bertumpu pada priggram jangka pendek dan jangka panjang.

Konsep biaya untuk  pembuatan keputusan
Salah satu tugas manajer adalah membuat keputusan bersadasarkan informasi akuntansi yang relevan. Keputusan itu tersiri dari keputusann rutin dan sehari-hari sesuai dengan fungsi – fungsi manajemen (pemasaran . produksi, dan keuangan). Sedangkan keputusan khkusus adalah keputusan yang hanya kadangkala saja dibuat, yaitu misalnya keputusan tentang:
1.   Menolak atau menerima orderan khusus
2.   Menetapkan kebijakan harga
3.   Menetapkan devisi atau mengembangkan
4.   Menentukan laba pada keterbebasan kapasistas
5.   Membuat sendiri atau membeli produk

Mengindentifikasi biaya dan manfaat yang relevan
Hanya biaya yang berbeda secara total di antara yang berbeda secara total di antara yang berbagai alternatif yang termasuk informasi yang relevan dalam membuat keputusan. Jika biaya di antara berbagai alternatif sama maka tidak akan memiliki dampak terhadap biaya dan dapat dia abaikan. Contoh : jika anda memutuskan pergi ke bioskop atau menyewa video tape. Biasanya biaya yang dilakukan  pada keputusan ini di sebut biaya terhindar (avaoidable cost). Avoidble cost adalah biaya yang dapat dihilangkan baik seluruhnya ataupun sebagian dengan memilih salah datu alternatif yang ada. Dan biaya avoidable adalah biaya relevan.
Ada dua kategori biaya yang tidak pernah relevan dalam pembuattan keputusan. Biaya tidak relevan tersebut  adalah;
Sunk cost
Future cost yang tidak berbeda di antara berbagai alternatif.
Sunk cost adalah biaya yang telah terjadi dan tidak dapat di hindari dari apapun keputusan yang dibuat manajer. Sunk cost akan selalu sama, tidak memiliki pengaruh terhadap berbagai alternatif yang di pertimbangkan, biay tersebut selalu tidak relevan dan sebaiknya diabaikan. Sedangkan future cost yang berbeda diantara alternatif yang tersedia adalahl biaya relevan.
Dalam akuntansi manajerial, istilah biaya terhindar (avoidable cost),biaya diferensial (diferential cost), incremental cost, dan biaya relevan selalu digunakan secara bergantian.

Penambahan dan pengurangan lini produk dan segmen lain
Keputusan apakah kan menambah atau mengurangi lini produk atau segmen perusahaan menjadi bagian sulit yang harus dihadapi oleh manajer. Dalam keputusan seperti itu, beberapa faktor kuantitatif dan kualitatif harus dipertimbangkan. Pada akhirnya,keputusan final untuk menambah atau mengurangi segmen perusahaan terutama akan bergantung pada dampak keputusan tersebut pada laba bersih opoerasi. Untuk menaksir dampak ini, sangant perlu untuk mrmbuat analisis secara hati – hati terhadap biayaapa saja yang digunakan.

·       Ilustrasi analisis biaya
Anggaplah ada tiga lini produk utama di drug company yaitu  oabat – obatan, kosmetik, dan perlatan rumah tangga. Apkah yang dilakuakan oleh perusahaan untuk memperbaiki kinerjanya? Misalnya salah satu lini mengalami kerugian, kita umpakan lini peralatan rumah tangga yang mengalami kerugian setiap bulan.barangkali membuang lini ini dapat memperbaiki laba perusahaan. Dalam memutuskan menghilangkan lini tersebut para manajer harus mempertimbangkan berbagai hal,jika perusahaan meniadakan  lini tersebut maka marjin kontribusi dari lini tersebut akan hilang. Dan dapat mengurangi biaya tetap.

·       Format perbandingan
Beberapa manajer biasanya melakukan berbagai cara untuk melakukan pengambikan keputusan dengan membandingkan lini yang satu dengan lini yang lainnya, yang mereka lihat dari sisi keuntungan laba bagi perusahaan dan aspek –aspek lainnya.

·       Kehati – hatian dalam alokasi biaya tetap
Mengapa dalam mengalokasikan biaya tetap pada suatu lini para manajer harus mempertimbangkan secara seksama?, itu disebabkan  karena mengalokasikan biaya tetap maka dapat membuat lini yang lainnya nampak kurang menguntungkan dari keadaan sesungguhnya.

·       Keputusan untuk membeli
Keputusan untuk memproduksi sendiri komponen fabrikasi secara internal atau membeli dari supplier disebut keputusan untuk membuat atau membeli (make or buy decision). Pada dasarnya, keputusan yang berkaitan dengan integrasi vertikal adalah keputusan untuk membuat atau membeli karena perusahaan memutuskan untuk memenuhi kebutuhannya dengan memproduksi sendiri atau membeli dari luar.

·       Aspek strategis keputusan membuat atau membeli
Dalam mengambil keputusan mebuat atau membeli para manajer harus cermat dalam melakukan langkah – langkah bisnisyang akan mepuanyai dampak besar bagi perusahaan mereka,  maka dari para manajer mempunyai rencana strategis ,misalkan dengan cara integrasi, sebab cara ini dapat menguntungkan perusahaan dengan cara mengurangi ketergantungan pada pemasok dan dan perusahaan dapat merancang alur komponen  dengan baik dibandingkan dengan pererusahaan yang tidak melakukan integrasi.

·       Contoh keputusan untuk membuat atau membeli
Misalnya suatu perusahaan melakukan keputusan membeli atau membuat, maka kita haru melihat aspek biaya variabelnya (bahan, tenaga kerja, dan overhead variable) sebab biaya ini merupakan biaya diferensial karena biaya- biaya tersebut dapat dihindari dengan membeli pemindahan dari pemasok luar. Jika dalam perusahaan itu terdapat badan penyelia, maka penyelia dapat diberhentikan dan gajinya dapat dihindari dengan membeli pemindahan, jadi gaji penyelia adalah biaya diferensial dan relevan untuk membuat keputusan.

·       Opportunity cost
Opportunity cost merupakan salah satu pilihan manajemen untuk pengambilan keputusan. Pengertian biaya opportunity cost adalah kesempatan  memperoleh hasil yang dikorbankan karena memilih alternatif lain untuk memperoleh hasil yang lebih baik dengan menggunakan sumber daya terbatas.

Pesanan khusus
Manajer selalu mengevakuasi apakah pesanan khusus dapat di terima dan apabila diterima berpakah harga yang akan ditetapkan untuk pesanan khusus tersebut. Pesanan khusus adalah pesanan pada waktu tertentu yang bukan merupakan hasil dari kegiatan normal perusahaan.

Penggunaan sumber daya yang terbatas
Manajer terus- menerus dihadapkan oleh masa sumber daya yang terbatas. Mengapadikatan kendala sebab kalua sumber daya yang mereka gunakan terbatas maka prusahaan tidak dapt memenuhi ambisi mereka , sehingga manjer harusmemutuskan bagaimana cara untuk menggunakan sumber daya tersebut. Dan para manjer harus memaksimumkan total margin kontribusi.

·       Kontribusi dan keterbatasan sumber daya
Untuk memaksimumkan total margin kontribusi , perusahaan tidak hanya sekedar mempromosikan produknya yang memberikan margin kontribusi per unit yang paling tinggi. Total margin kontribusi akan mencapai tingkat maksimum dengan mempromosikan produk-produk perusahaan atau menerima pesanan yang memberikan margin kontribusi per unit tertinggi dalam kaitannya dengan sumber daya yang terbatas.

·       Mengelola kendala
Dalam keterbatasan sumber daya alam banyak timbul kendala – kendal yang dapt memusingkan para manajer, sehingga mreka  dituntut untuk merpikir lebih keras lagi untuk mengelola kendala dengan cara yang tepat sehingga memberikan margin kontribusi yang baik bagi perusahaan.

·       Masalah adanya banya kendala
Apa yang harus dilakukan oleh perusahaan apabila ada lebih dari satu kendala? Sebagai contoh perusahaan mungkin memiliki keterbatasan bahan baku, tenaga kerja langsung, ruang, dan dana untuk promosi. Bagaimanakah menentukan yang baik? Kambinasi yang baik dapt diperoleh dengan menggunakan program linear yang meliputi metode kuantitatif dan manajemen operasi.     

Activity Based Costing (ABC) dan biaya relevan
ABC dapat digunakan untuk membantu mengindentikfikasikan biaya relevan yang potensial untuk tujuan pembuatan keputusan. ABC memperbaiki kemungkinan dapat di telusurinya biaya dengan memfokuskan pada aktivitas yang disebabkan oleh produk atau segmen yang lain. Manejer harus berhati – hati dan cermat membaca istilah kemampuan untuk dapat di telusuri dibandingkan dengan kondisi yang sesungguhnya. Banyak orang yang mengamsumsiakan bahwa jika biaya dapat ditelusuri  ke segmen tertentu, biaya tersebut otomatis menjadi biaya yang dapat terhindari.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar