Senin, 01 Juli 2013

LATIHAN SOAL TEORI AKUNTANSI


LATIHAN SOAL-SOAL TEORI AKUNTANSI
Dosen : Andi Gunawan, SE, M. Com., Ak.

1.      Jelaskan secara singkat sejarah perkembangan akuntansi:
a.       Zaman prasejarah s/d sebelum tahun 1900-an (kurang lebih 10 baris)
Pada awalnya, pencatatan transaksi perdagangan dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dicatat pada batu, kulit kayu, dan sebagainya. Catatan tertua yang berhasil ditemukan sampai saat ini masih tersimpan, yaitu berasal dari Babilonia pada 3600 sebelum masehi. Perkembangan akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan (double entry system) oleh pedagang- pedagang Venesia. Sistem pembukuan berpasangan tersebut selanjutnya berkembang dengan sistem yang menyebut asal negaranya, misalnya sistem Belanda, sistem Inggris, dan sistem Amerika Serikat. Sistem Belanda atau tata buku disebut juga sistem Kontinental. Sistem Inggris dan Amerika Serikat disebut Sistem Anglo- Saxon2.
Perkembangan Akuntansi dari Sistem Kontinental ke Anglo- Saxon Pada abad pertengahan, pusat perdagangan pindah dari Venesia ke Eropa Barat. Pada waktu itu pula akuntansi mulai berkembang dengan pesat. Pada akhir abad ke-19, sistem pembukuan berpasangan berkembang di Amerika Serikat yang disebut accounting (akuntansi).
b.      Setelah tahun 1900-an (kurang lebih 10 baris)
Kegiatan ekonomi pada masa penjajahan meningkat cepat selama tahun 1800an dan awal tahun 1900an. Metode pembukuan lama hilang dari sejarah akuntansi Belanda. Perkembangan ini juga dibawa ke Indonesia.     Pada awal tahun 1990an, tekanan untuk memperbaiki kualitas pelaporan keuangan muncul seiring dengan terjadinya berbagai skandal pelaporan keuangan yang dapat mempengaruhi kepercayaan dan perilaku investor. Skandal pertama adalah kasus Bank Duta (bank swasta yang dimiliki oleh tiga yayasan yang dikendalikan presiden Suharto).   Berbagai skandal tersebut telah mendorong pemerintah dan badan berwenang untuk mengeluarkan kebijakan regulasi yang ketat berkaitan dengan pelaporan keuangan.

2.      Jelaskan beberapa definisi akuntansi yang anda pahami
Jawab:
Pengertian Akuntansi menurut American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA). akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtsaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian – kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil – hasilnya.
Pengertian akuntansi menurut Accounting Principle Board Statement No. 4 mendefinisikan akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, yang digunakan dalam memilih di antara beberapa alternatif.
Akuntansi sebagai komunikasi menurut American Accounting Associaion (1966:1) adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan mengkomunikasikan informasi untuk membanu pemakai dalam membuat keputusan atau pertimbangan yang benar.

3.      Jelaskan tujuan utama dari sebuah teori akuntansi dan jelaskan definisi teori akuntansi (menurut Hendriksen dan Mc Donald).
Jawab:
Tujuan utama dari teori akuntansi adalah memberikan seperangkat prinsip yang logis, saling terkait, yang membentuk kerangka umum dapat dipakai sebagai acuan untuk menilai dan mengembangkan praktik akuntansi.
Hendriksen dan Van Breda (1992) mendefinisikan teori akuntansi: Penalaran logis dalam bentuk seperangkat prinsip-prinsip yang luas (a set of broad priciples) yang memberikan rerangka referensi umum untuk mengevaluasi praktek akuntansi dan memberikan pedoman dalam mengembangkan praktek dan prosedur akuntansi yang baru”.

4.      Jelaskan apa yang dimaksud conceptual framework dan bagaimana conceptual framework yang dikeluarkan oleh FASB (Financial Accounting Standard Board)
Jawab:
Kerangka kerja konseptual (conceptual framework) merupakan seperangkat formal konsep yang saling terkait menentukan fungsi, ruang lingkup dan tujuan akuntansi keuangan dan pelaporan.
FASB (1978) mendefinisikan kerangka konseptual sebagai suatu sistem yang saling berkaitan:sub-sub sistemnya adalah (1) tujuan (objectives) dan (2) Konsep fundamental yang saling terkait. Yang dimaksud tujuan adalah konsep-konsep yang mendasari akutansi keuangan, yakni yang menuntun kepada pemilihan trasaksi, kejadian, dan keadaan-keadaan yang harus dipertanggungjawabkan, pengakuan dan pengukurannya, cara meringkas serta mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

5.      Gambarkan diagram dan jelaskan SFAC NO. 2 dan SFAC No. 8 tentang karakteristik kualitatif Laporan Keuangan.
Jawab:
SFAC Nomor 2 “Qualitative Caracteristics of Accounting Information”, menjelaskan tentang karakteristik informasi akuntansi agar bisa digunakan dalam pembuatan keputusan. SFAC ini diterbitkan oleh FASB pada tahun 1980. Dalam Statement ini terdapat dua karakteristik utama yang membuat informasi akuntansi bermanfaat dalam pembuatan keputusan, yaitu relevance dan reliability.
Menurut statement ini, informasi yang relevan harus tepat waktu dan harus memiliki nilai prediktif atau nilai umpan balik atau keduanya. Sementara informasi yang reliabel harus memiliki representational faithfulness dan harus dapat diverifikasi dan netral.
Sementara di SFAC nomor 8, informasi yang relevan adalah mampu membuat perbedaan dalam keputusan jika memiliki nilai prediktif (predictive value) dan nilai konfirmasi (confirmatory value). Hal yang sama juga berlaku pada faithful representation, dalam SFAC nomor 8, untuk menjadi faithful representation yang sempurna maka harus memiliki karakteristik lengkap (complete), netral (neutral), dan bebas dari kesalahan (free from error). Sementara dalam SFAC nomor 2, faithful representation atau representational faithfulness menjadi bagian dari reliability. 


6.      Jelaskan apa yang dimaksud :
a.       Going Concern Postulate
Sebagai postulat, going concern menyatakan bahwa entitas akuntansi akan terus beroperasi untuk melaksanakan proyek, komitmen dan aktivitas, yang sedang berjalan. Going concern mengasumsikan bahwa perusahan tidak diharapkan untuk dilikuidasi dalam masa mendatang yang dapat diketahui dari sekarang. Jadi laporan keuangan menyediakan pandangan sementara atas situasi keuangan perusahaan dan hanya merupakan bagian dari seri laporan yang berkelanjutan.
b.      Accounting Period Postulate
Menyatakan bahwa laporan keuangan yang menggambarkan perubahan dalam kesejahteraan perusahaan, Seharusnya diungkapkan secara periodik.Panjangnya periode waktu dapat bervariasi, bisa tahunan, periode akuntansi. Yang terkait dengan tahun kealender, tahun fiskal, atau tahun bisnis “alami”. Tapi karena kebutuhan akan informasi yang tepat waktu, relevan, &sering maka disediakan informasi keuangan triwulan atau bulanan.dengan meminta entitas untuk menyediakan secara periodik, laporan jangka pendek, laporan ini membebankan akrual & tangguhan (penerapan yang menyebabkan perbedaan pentingantara akuntansi akrual dan kas).
c.       Accrual Basis
Basis akrual atau dasar akrual (accrual basis) adalah sebuah metode pembukuan yang memasangkan biaya yang dikeluarkan dengan pendapatan yang diperoleh untuk suatu periode fiskal tertentu, meskipun biaya dan pendapatan tersebut belum benar-benar dibayar atau diterima.  Basis akrual merupakan pilar utama dalam prinsip kesesuaian (matching principle), yang merupakan salah satu prinsip akuntansi.

7.      Jelaskan apa yang dimaksud:
a.       The Proprietary Theory
Menurut teori proprietary, entitas sebagai “agen, perwakilan atau susunan melalui wirausahawan individual atau pengoperasi pemegang saham”. Tujuan utama teori proprietary adalah untuk menentukan dan menganalisis kekayaan bersih pemilik, dengan persamaan akuntansi: Aset - Utang = Ekuitas Pemilik.
b.      The Entity Theory
entity theory ini adalah memahami perusahaan sebagai entitas yang terpisah dari pemiliknya. Teori ini melihat unit bisnis, bukan pemilik, sebagai pusat kepentingan akuntansi. Menurut teori ini, persamaan akuntansinya adalah:
Aset = Ekuitas
/ Aset = Utang + Ekuitas Pemegang Saham

8.      Apa yang dimaksud dengan multiparadigma dalam akuntansi dan jelaskan bermacam-macam paradigma yang berkembang dalam disiplin ilmu akuntansi.
Jawab:
multiparadigma adalah gabungan kerangka referensi atau pandangan akuntansi yang menjadi dasar keyakinan atau pijakan suatu teori akuntansi.
Paradigma yang berkembang dalam disipling ilmu ekonomi adalah:
a.        The anthropological/inductive paradigm
b.        The True-Income/deductive paradigm
c.        The decision-usefulness/decision-model paradigm
d.        The decision-usefulness/decision maker/aggregate-market-behaviour paradigm
e.        The decision-usefulness/decision-maker/individual-user-paradigm
f.         The information/economics paradigm

9.      Jelaskan apa yang dimaksud Current Value Accounting
Jawab:
Current Value Accounting  (Akuntansi nilai sekarang) adalah konsep bahwa aset dan kewajiban diukur pada nilai saat ini di mana aset tersebut bisa dijual atau diselesaikan pada tanggal saat ini. Ini berbeda dengan metode historis-digunakan hanya aktiva dan kewajiban pada jumlah di mana aktiva dan kewajiban tersebut awalnya terjadi.

10.      Jelaskan pendekatan perilaku dalam akuntansi.
Jawab:
Dalam Pendekatan Perilaku (Behavioral Approach), akuntansi dianggap sebagai sebuah praktek yang konsekuensinya direfleksikan oleh orang atau kondisi sosial yang menjalankannya. Termasuk cara berinteraksi dengan organisasi lain serta fenomenanya. Perilaku dan fungsi ekonomi dari akuntansi sedang menjadi perhatian, pertanyaan mengenai bagaimana informasi akuntansi digunakan dan bagaimana informasi akuntansi kadang kala seperti menghasilkan konsekuensi yang tak diinginkan atau tak terantisipasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar